Catatan Kecilku yang Notabenenya Maba FK

I just wanna write some details. Within memories, hardwork, tears, random night thoughts. Aku hanya berupaya menolak lupa. Berupaya untuk menoreh secercah kata pengingat untukku.
 Pertama kali menulis di blog ini saat aku masih kelas 3 smp. Masih sibuk dengan nano nano UN smp yang ternyata jika dilihat dari titik sekarang memang bukan apa apa.

 Hari ini, tepatnya malam ini. 10 juli 2019. Aku ingin mengkilas balik beberapa bulan terakhir. Kata orang orang, masa SMA indah banget. Iya indah, disaat kamu gak sadar kalau kamu di titik future life oriented. Kamu berada di titik metamorfosa, sebenarnya. Kamu berada di titik yang gak bisa senda gurau sama masa depan. Karena kamu belum sadar kalau harus punya detail future plans. Untuk aku yang sadarnya dari lama, tapi persiapannya di tunda mulu, selamat Tuhan sangat menyayangi kamu.

Actually masa SMA ku enjoyable banget. Benar benar bisa kaki panjang karena punya kendaraan. Pergi ke banyak tmpat sama temen, pulang gak mesti nunggu jemputan, nongki gk ribet ngerencanain timingnya, acc gk masuk kelas trus karena lomba, anggota pulang terakhir, candidate datang on time, disitu bel disitu masuk gerbang. Sampe ke ngerjain pr yang selalu di sekolah, mau 1 mau 3 tetap kerjain disekolah, ada trus sih kawan yang rajinnya gak ketulungan, kayak minta disalin gitu pr nya :( Bolos pramuka wajib setiap jumat, smpe ke pura2 sakit pas olahraga.

Titik leha2 aku brenti di kelas 12. Definitely shocking, tiba tiba kelas di rombak. Dibuat kelas baru, diambil 5-6 orang per kelas dan here it is kami para tercomot kelas ipa 8. Awalnya benci, kawan2 dekat di kelas lama mesti di tinggal, ngumpul bakal susah, ngobrol jadi jarang, ketemu pas jam sholat doang. Udah rencana banget jadi goes to apatis. Ee ujung2nya gak gitu. Karena senasib sepenanggungan kali ya, jd betul betul saling peduli. Even aku yang tryin to be apatis ini di notice trus sm anggota kelas. As time goes cintanya malah lebih dr kelas yang lama, nyaman nya juga lebih, kenangannya lebih lebih. Yang awalnya pada nangis masuk kelas untuk para comotan, pengennya tetap di kelas lama, dan yang akhirnya keluar nangis juga karena pisah padahal nyamannya udh nyelekit bgt.

Beside those all, kelas 12 itu lebih ke hardworknya, ke consciousness kalau bukan untuk senang senang lagi. Aku yang cita cita nya jadi dokter, dan tdk prnah berubah since long time harus berusaha keras untuk itu. Aku benar2 gak berharap dapat masuk lewat jalur snmptn. Kakel gak ada di univ yang dituju, even univnya bukan lagi jurusan atau fakultasnya. Nilai yang rasanya gak bakal cukup. Tapi karena memang udah cita cita, dan memang udah pengennya percaya aja sm Allah apapun yang terjadi. Aku tetap berdoa, tapi gak terlalu berharap. So sbmptn sm um tempat aku bisa maksimalin, mikirnya sih gitu.

Belajar pagi siang malam, yang benar2 pagi siang malam. Gak lg pulang akhir, pulang nya awal mulu. Pengen cepet2 pulang biar malam belajar lagi. Kalender penuh coret coret plan mapel yang bakal dipelajari. Udah bodo amat sama tugas sekolah, bodo amat sm rapor semester lima, bodo amat sama keaktifan dikelas. Dari hari pertama sekolah udah nenteng itu buku sbm yg tebal naudzubillah, walau gak terbaca sama sekali :( bersyukur banget kalau dapat bangku belakang, bisa latihan soal sbm pas guru lagi sibuk ngajar. Kalau duduk di depan si yaa curi curi aja :') merasa bersalah banget cmn sekedar untuk ngumpul2 sama kawan, yang harusnya aku sibuk belajar. Pergi ngafe bawak buku,  pokoknya kemana mana itu buku soal gak pernah aku tinggalin.

Banyak acara acara sekolah yang aku gak ikutin, rasanya kehadiran di acara acara itu gak se worth it soal yang bisa aku kerjain, sampe di cap gak pernah dateng :(( padahal gak gitu kok, dulu dulu aku rajin datengnya. Ya karena kelas baru sih, jd gk tau aku dulunya gimana. And my 12 little bit hard for me, beside those university stuff. Aku mesti survive di kelas yang cheater everywhere, udah dapat soal sebelum ujian, dan guru gurunya seakan pada tuna tuna an, buta tuli dan deeply bodo amat. Aku satu satunya benar benar satu satunya yang berusaha jujur, whatever situation is. Aku pernah dapat nilai terendah diantara para ponten 90 dan 100 di kelas ku.  I got remedial for real. Di tegur guru, even di sarkasme. Padahal dulunya aku selalu one of students who's getting high score. Rasanya beda banget, gk pernah pernah digituin. Kamu gak belajar ya? For goodness im the one and only doing hard about the exam sir! Tapi syukurnya kawan sepermonyetan ku di kelas lama msih jd titik pusat cerita, jadi gak beban banget.

Dilain harus fokus utk university test, aku harus receive pressure from the environment. Tapi aku ikhlas untuk tetap jujur, bahkan bukan jadi salah satu yang terbaik gak jadi beban lagi. Udah bodo amat sama nilai, tapi aku tetap berusaha keras untuk ujian, tetap usahain yang terbaik hasilnya ya terserah tuhan aja. Those cheaters one of my reason felt hopeless bout snmptn.

Masuk masa2 ujian praktek, yg teman2ku sibuk pada blajr materi ujian, aku nggak. Sit and still sm soal soal sbm, materi upranya cukup dihapalin cepet pagi2. Sangking aku bodo amatnya sm school life, that time aku upra kimia, materinya bnyak banget smpe 12 topik. Harus dihapalin cara kerja, alat bahan, hasil dan tetekbengeknya. Karena aku merasa itu wasting time, jadi aku pagi2 baca catatan2 temen, setidaknya paham dikit2. Yang benar2 aku pelajarin itu cuman bab titrasi asam basa, eh pas masuk ruangan dapat undian titrasi asam basa, Allah tu emang tau banget dan sayang banget sama hambanya. Gak ada yang gak dibantu, cukup percaya aja.

Udah upra ya berjalan gitu2 aja, pagi2 udah cukup untuk mahami materi, bahkan waktu utk belajar sbm lebih bnyak lagi karena pulangnya cepet. Masuk masa2 uasbn/usbn dunno. Disini aku sama sekali gak belajar untuk usbn, karena materi sbm hampir tuntas -walau itu matematika toxic banget buat aku :(  dan masih rasanya persiapan jauh dari kata siap- jadi aku ngandalin ingatan2 sebelumnya aja. Karena tipe soal ujian skolah sama sbm itu beda, berapa minggu aku mau habisin untuk usbn aja. Yang gak nentuin kamu masuk universty or not.

 21 maret, hari terakhir usbn seingatku. Esoknya 22 maret pengumuman snm. Di malam sebelum pengumuman aku benar2 merasa capek dan jenuh, udah belajar banyak tapi merasa jauh dari cukup, jenuhnya lebih dari malam malam yang lain. Aku ingat banget malam itu aku masih ngerjain buku sbm fisika bab listrik dan magnet. Ini untuk kedua kalinya aku ngerjain soal yang sama, ngulang buku yang sama yang udah aku tamatin. Cause felt so deeply bored, i write some phrases bout my feeling. Just to relaxing down my mind and getting my energy back. These phrases that i wrote.-

"Tuan dan aku hanya sibuk meminta keajaiban pada semesta
Seakan memang pantas disapa olehnya
Nyatanya, lebih suka menolak peka
Seakan memang sudah lupa
Aku,tuan ,dan pikirannya tak henti berkutat dengan frasa
Menulis tanpa rasa
Menulis seakan ingin putus asa
Dan nyatanya ia hanya bosan dan lelah
Terus berkutat dengan goresan pena dan keluhannya"

Dan paginya, aku bangun subuh baca notif dari teman2 kalau pengumuman bisa dibukak pagi ini, walau sbnrny sore jam 3 kata web ltmptnya. Karena aku yg penasaran couldnt be controlled, dan udah siap dapat merah. More even sorenya aku ada TO, kalau ijo aku bakal stop belajar kalau merah aku bakal belajar lagi, ningkatin nilai TO yang kali ini. Solat subuh, berdoa minta yang terbaik sama Allah, kalau gagal emang udah ikhlas dari lama. Aku tau cuman ke Allah aku bisa gantungin, serahin, dan percayain semuanya. And ya! Aku dapat merah :( gadeng dapat nya ijo, muka yang memerah. Aku lulus! Fakultas Kedokteran USU, yang udah lama dicita2in. Medan yg memang kota kelahiran, yang tahun ini sekeluarga emang pindah kota. Syukurnya berlipat ganda banget. Habis aku nangis pagi itu, gak nyangka, Allah emang sesayang itu.
That's all, aku syukurnya belum dipertemukan yang namanya gagal.

 Tulisan ini kutulis sekedar pengingat untukku. Kamu pernah berjuang dan overthink setiap malam. Kamu kurang waktu tidur. Kamu merasa persiapanmu gak pernah cukup. Kamu merasa waktu itu lari, gak ngejar kamu. Dia udah didepan. Aku hanya ingin mengingatkan diriku, jikalau nanti kamu lelah. Jikalau kamu nanti inginya berhenti, kamu harus sadar kalau Allah udah percayain ini ke kamu. Kamu gak boleh berhenti even sehembusan angin.

 Dan untuk yang masih berusaha saat ini, jangan pernah menyerah. Asanya harus terus dirajut. Untuk yang masih belum berada di tahap ini, masih sibuk dengan lika liku cerita putih abu abu, bisa deh ditmbah dikit ceritanya sma belajar ekstra. Jangan smpai terkejut di kelas 12. Being so hopeless, and afraid of facing the failure are deeply stressing. Terimakasih sudah membaca. Sekian

Komentar

Postingan Populer